Minggu, 04 Januari 2015

Resume Arsitektur Jaringan Seluler


Kemajuan teknologi dalam hal pengukuran besaran listrik saat ini berkembang pesat. Salah satunya adalah penyampaian informasi besaran listrik jarak jauh. Perkembangan alat ukur yang semakin canggih sangat membantu dunia industri dalam hal pemantauan kinerja peralatan industri yang dibutuhkan secara real time untuk menjaga dan meningkatkan produktifitas. Saat ini kebutuhan sistem pemantau tidak hanya dibutuhkan di lokasi industri tersebut berada, namun juga dibutuhkan pemantauan yang dapat dilakukan dari tempat lain yang berada jauh dari industri tersebut.
Jika kita pengguna internet dan sepertinya tiada hari tanpa berinternet ria untuk mengecek e-mail, browsing web site, chating, mencari literature laporan/skripsi, download program dan lain sebagainya. Mungkin yang kita lakukan selama ini adalah pergi ke warnet. Namun hobi tersebut untuk sementara tidak dapat dilakukan karena kita mengadakan perjalanan keluar kota.
Pada saat itu yang dibutuhkan adalah teknologi GPRS yang memungkinkan kita untuk dapat ber-internet dimana pun berada selama sinyal GPRS tersebut ada. Teknologi telah cukup lama ditawarkan oleh operator GSM (Handphone). GPRS mendistribusikan paket data akses internet  sampai 114 Kbps. Transfer data menuju jaringan internet (Web Server) melalu jaringan GPRS selular.
GSM (Global System for Mobilecommunication) adalah merupakan jaringan telekomunikasi bergerak yang dibangun dan dioperasikan oleh operatot telekomunikasi untuk melayani sistem komunikasi publik dalam satu area tertentu. Hingga saat ini GSM masih menjadi satu-satunya standart di Eropa. Ssitem GSM sendiri terdiri dari 3 bagian yaitu BSS, NSS dan OMC. BSS (Base Station Subsystem) merupakan penyedia dan pengatur transmisi radio dari sistem selular. NSS (Network and Switching Subsystem) adalah sebagai control switch bagi layanan komunikasi bergerak. OMC (Operation and Maintenece Centre) merupakan operasional support untuk setiap subsistem yang ada.
GPRS merupakan sistem transmisi berbasis paket untuk GSM yang menggunakan prinsip “tunneling”, ia menawarkan laju data yang lebih tinggi. Laju datanya secara kasar sampai 160 kbps dibandingkan dengan 9,6 kbps yang dapat disediakan oleh rangkaian tersakelar GSM. Kanal-kanal radio yang ganda dapat dialokasikan bagi seorang pengguna dank anal yang sama dapat pula digunakan secara berbagi (Sharing) di antara beberapa pengguna sehingga menjadi sangat efisien
General Packet Radio Service (GPRS) adalah suatu teknologi pengiriman dan penerimaan data menggunakan sistem packet switching sistem, packet switching ini menggantikan sistem circuit switching yang telah digunakan sebelumnya. Packet switching adalah sebuah sistem di mana data yang akan ditransmisikan dibagi menjadi bagian-bagian kecil (paket) lalu ditransmisikan dan diubah kembali menjadi data semula. Sistem ini dapat mentransmisikan ribuan bahkan jutaan paket perdetik. Transmisi melalui PLMN (Public Land Mobile Network) dengan menggunakan IP (Internet Protocol).


ü  Oki Rinaldo, Aries Pratiarso (2010). Makalah Proyek Akhir : Simulasi Sistem Call Jaringan Seluler. Surabaya
ü  http://pustaka-computer.blogspot.com/2013


Tidak ada komentar:

Posting Komentar