Jumat, 31 Oktober 2014

Pemecahan Sinyal (Scattering)


Nah, sebelumnya sudah dijelaskan tentang Transmisi Nirkabel (wireless). Sekarang saya ingin share salah satu dari faktor yang mempengaruhi transmisi sinyal wireless di udara, yaitu Pemecahan Sinyal (Scattering).

Pemecahan Sinyal (Scattering)

Pemecahan Sinyal (Scattering) adalah gejala hamburan ke segala arah yang disebabkan oleh benda atau objek yang sama besar atau lebih kecil dari panjang gelombang. Gelombang-gelombang yang terpancar dihasilkan oleh permukaan-permukaan yang kasar atau objek lain yang menyebabkan ketidakaturan dalam hal jalur lintasan gelombang. Di dalam pratiknya, daun-daun, pepohonan, tanda-tanda petunjuk jalan raya, dan lampu rambu lalu lintas pun menyebabkan terjadinya pemancaran gelombang.Penyebaran terjadi ketika medium dimana gelombang merambat mengandung objek yang kecil dibandingkan dengan panjang sinyal gelombang, dan jumlah objek perunit volume sangat besar.


Ketika gelombang elektromagnetik mengenai atau menabrak atmosfer akan terjadi suatu interaksi tertentu. Bentuk interaksi tersebut dapat berupa pematulan (Reflection), penyerapan (Absorption), atau pemendaran (Scattering).Interaksi tersebut disebabkan adanya tempaan antara gelombang elektromagnetik yang terpancar dengan partikel-partikel yang terdapat di atmosfer bumi.Scattering terjadi ketika partikel/ gas molekul berukuran lebih besar dari partikel gelombang elektromagnetik pada atmosfer.


                
Gelombang elektromagnetik akan menabrak partikel atmosfer berukuran besar tersebut dan menyebabkan radiasi elektromagnetik dihamburkan. Ukuran partikel dan panjang gelombang yang berinteraksi bervariasi sehingga terdapat 3 jenis pemedaran (scattering), yaitu :
1.       Rayleigh Scaterring
Terjadi apabila tenaga radiasi gelombang berinteraksi dengan partikel atmosfer yang garis tengahnya jauh lebih kecil daripada panajang gelombang radiasi yang berinteraksi tersebut.

2.       Mie Scattering Small Particle
Pemecahan ini terjadi ketika besar garis tengah partikel di atmosfer sama dengan besarnya panjang gelombang tenaga radiasi yang berinteraksi. Penyebab utama hamburan mie adalah uap air dan debu di atmosfer.

3.       Mie Scaterring Large Particle
Pemecahan ini terjadi ketika besar garis tengah partikel di atmosfer jauh lebih besar daripada besar panjang gelombang yang berinteraksi.Pemendaran ini disebut juga “Hamburan Non Selektif”.


                 Pemecahan sinyal terjadi saat sinyal yang dikirim terpecah menjadi beberapa arah. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa objek yang dapat memantulkan signal dan ujung yang runcing, seperti partikel debu di air dan udara. Ilustrasinya adalah menyinari lampu ke pecahan kaca. Cahaya akan dipantulkan ke banyak arah dan menyebar. Dalam skala besar adalah saat cuaca hujan.Hujan yang besar mempunyai kemampuan memantulkan sinyal.Oleh karena itu disaat hujan, sinyal nirkabel dapat terganggu.

Karakteristik scattering :

-          Propagasi melewati object yang kecil dan/atau kasar yang menyebabkan banyak pantulan untuk arah-arah yang berbeda.
-          Terjadi saat kanal radio terdiri dari obyek yang memiliki ukuran sebesar panjang gelombang atau kurang dari gelombang propagasi dan juga saat jumlah obstacle (penghalang) cukup besar.
-          Scattering dihasilkan oleh obyek-obyek kecil, permukaan kasar dan ketidakteraturan yang lain pada kanal.
-          Sebagaimana prinsip difraksi, menyebabkan energi pengirim diradiasikan di banyak tempat.


Sekian pembahasan tentang Scattering, semoga dapat bermanfaat ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar